Mengenai Saya

Foto saya
suka warna hijau, penggemar eskrim yang nggak mau gendut, moodyan buat menyendiri, tapi gak pernah sendiri :)
Handhika Maulida A On Jumat, 01 Maret 2013

Pergeseran Kurva Penawaran


Penawaran adalah keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran. Dimana adanya hukum penawaran yang berbunyi “semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin banyak pula jumlah barang yang akan ditawarkan, begitu juga sebaliknya”.
Pada bagian ini, akan dijelaskan perubahan dalam jumlah yang ditawarkan berlaku sebagai akibat dari pergeseran kurva penawaran.  Bergesernya kurva penawaran di akibatkan karena adanya faktor-faktor seperti pendapatan, pajak dan subsidi, teknologi, jumlah penjual, kebijakan pemerintah, dll.


Untuk memperjelas gambarnya, perlu mengambil sebuah barang untuk di produksi sebagai contoh kasus, misalkan pakaian. Dalam kasus ini, kurva penawaran bergeser ke kanan dan ke kiri. Pergeseran ke kanan, terjadi ketika S menjadi S1 menyebabkan jumlah yang ditawarkan bertambah dari Q menjadi Q1 walaupun harga tetap sebesar P dan bergeser ke kiri dari S menjadi S2 menggambarkan pengurangan penawaran dimana jumlah yang lebih sedikit (Q2) akan ditawarkan pada harga tetap P. Gambar tersebut menunjukkan bahwa mula-mula 300 lusin di tawarkan seharga 600 ribu per lusin, setelah kurvanya bergeser ke kanan, 500 lusin akan ditawarkan pada harga yang sama, dan sesudah bergeser ke kiri hanya 100 lusin yang akan ditawarkan dengan harga tetap.
Sebagai akibat daripada pergeseran tersebut, lebih banyak sumber-sumber akan dipakai untuk memproduksi barang. Kemajuan di bidang teknologi, seperti ditemukannya teknologi yang lebih efisien sehingga akan mempunyai penurunan dalam biaya produksi yang dapat menguntungkan (kurva bergeser ke kanan). Dalam pabrik pakaian ini misalnya, yang dapat memproduksi baju dengan kombinasi-kombinasi produksinya berdasarkan pada perkiraan harga. Pabrik pakaian itu akan memproduksi lebih banyak pakaian apabila dia memperkirakan bahwa harga pakaian akan turun diwaktu yang akan datang dan lebih sedikit baju akan diproduksi bila perkiraan itu akan meningkat.
Sebaliknya ketika kenaikan pajak  yang tinggi, biaya material yang meningkat maupun harga untuk pembuatan pakaian naik misalnya kain dan benang, akan menyebabkan perusahaan ingin menjual hasil produksinya lebih sedikit pada harga barang yang tidak berubah (kurva penawaran bergeser ke kiri) selama perusahaan masih memdapatkan keuntungan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments